Beranda > Celoteh > Antara Nofollow dan Dofollow

Antara Nofollow dan Dofollow

Mungkin hal inilah yang menjadi pertanyan yang berdesit dibenak para blogger yang memang sama sekali belum mengetahui apa itu dofollow dan nofollow.

Bagi para master blogger tentunya sudah mengetahui akan hal tersebut, tetapi saya akan menjelaskan secara singkat kepada pembaca yang memang belum tahu sama sekali tentang dofollow dan nofollow.

  • Nofollow

Nofollow merupakan suatu atribut yang digunakan pada suatu link atau tautan. Fungsi dari tag nofollow ini adalah untuk memerintah spider mesin pencari agar untuk tidak mengidentifikasi link yang memakai tag tersebut, sebagai bagian dari link yang ada pada suatu blog atau web. Fungsi lain dari tag nofollow ini yang memang bisa dikatakan penting adalah untuk menjaga nilai pagerank suatu blog. Karena jika attribut nofollow ini dihilangkan, maka setiap link yang ada pada blog atau web akan dianggap link yang sah oleh mesin pencari. Yang menjadi masalah adalah, jika semua link dianggap sah oleh mesin pencari, bisa jadi blog atau web tersebut di anggap link farm peternakan link, sehingga nilai pagerank blog atau web akan menurun atau anjlok .

  • Dofollow

Dofollow adalah kebalikan dari nofollow, tag dofollow ini bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk membagikan pagerank blog atau web kepada yang lain. Dengan kata lain, suatu blog yang menggunakan teg dofollow adalah jalan untuk meningkatkan pagerank. Intinya teg dofollow ini berfungsi untuk memerintahkan mesin pencari agar menjadikan link yang memakai tag tersebut sebagi link yang sah atau backlink.

Setiap blog baik yang menggunakan blogger atau wordpress, defaultnya menggunakan tag nofollow pada setiap komentar yang masuk. Namun tidak ada larangan sama sekali bagi pemilik blog untuk mengubah tag tersebut menjadi dofollow. Dengan maksud ingin membagikan back link gratis kepada setiap komentator yang masuk. Tapi sebelum anda mengubahnya menjadi dofollow, ada baiknya anda berpikir dulu dengan matang akan kerugian dan keuntungan yang bisa didapat. Masalah kerugian mungkin anda sudah mengetahuinya karena saya telah menulisnya diatas. Nah jika bicara masalah keuntungan apabila anda menggunakan tag dofollow di blog anda, maka siap-siap saja menerima banyak komentar.

Dan saya ingatkan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau sudah mendapatkan sertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan perangkat yang sudah di sertifikasi tentunya sudah teruji di balai besar pengujian perangkat telekomunikasi, sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin.

Demikian informasi dari saya tentang antara nofollow dan dofollow yang bisa saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

Bagi semua sahabat diblogger saya mohon dukungan dan do’a restunya karena saya sedang mengikuti contest yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina dengan Keyword Kerja Keras Adalah Energi Kita, silahkan anda memberikan dukungan dengan cara memberikan komentar atau memberikan link pada artikel tulisan sata yang berjudul Kerja Keras Adalah Energi Kita, bagi yang sudah memberikan dukungan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Iklan
  1. Agustus 15, 2010 pukul 2:06 pm

    kalo blog ini dofollow gak..saya mau numpang backlink jika dofollow 😀

  2. Agustus 16, 2010 pukul 8:46 am

    Natural health @ dari dulu wordpress.com nofollow gan, belum ada master yang bisa merubah dofollow, kecuali wordpress.org bisa di dufollowkan….

    Makasiha atas kunjungannya gan….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: