Beranda > Celoteh > Submit ke Search Engine

Submit ke Search Engine

Sudah tiba saatnya sekarang untuk mendaftarkan website atau situs anda ke search engine, dan bacalah baik-baik tips pada halaman ini agar pendaftaran berhasil dengan baik.

Setiap search engine mempunyai aturan tersendiri dalam menerima blog atau situs anda. Saya sarankan agar anda membaca dengan seksama aturan yang mereka berikan. Jangan pernah berani melanggar, karena hanya akan membuang-buang waktu anda. Lihat juga beberapa jumlah maksimal halaman blog atau situs yang bisa anda daftarkan sekaligus dalam sekali waktu. Search engine yang memiliki kemampuan deep crawler seperti google, akan mampu menelusuri setiap link yang ada pada sebuah halaman blog atau web. Jadi anda tidak perlu men-submit setiap halaman satu persatu, cukup indexnya saja.

Saat ini ada lebih dari 1000 search engine yang bertebaran di internet. Tapi dari sekian banyak tersebut hanya beberapa saja yang memiliki database yang besar dan lengkap. Sebut saja 3 pemain utama, google, Inktomi, dan AllTheWeb. Tiga search engine ini memiliki database yang sangat besar dan banyak aplikasi sebagai secondary result pada search engine lainnya. Misalnya database google dipakai oleh yahoo, Inktomi membeckup MSN dan AOL search, dan AllTheWeb dipakai Lycos.

Saat ini banyak situs yang menawarkan jasa submit ke search engine secara otomatis. Sekali mengisi form, website atau situs anda bisa di daftarkan ke 30 search engine sekaligus (bahkan lebih). Cara ini memang sangat menghemat waktu, tapi tidak bisa terjamin keberhasilannya. Sekarang ini banyak search engine yang menolak pendaftaran secara otomatis melalui program submitter. Contohnya adalah altavista. Anda di wajibkan untuk memasukan kode pendaftaran dengan benar sebelum bisa men-submit halaman blog atau situs ke database altavista.

Kode tersebut dihasilkan secara otomatis dalam bentuk image acak, sehingga benar-benar perlu ketelitian untuk membacanya. Meskipun banyak menghabiskan waktu, tetapi submit secara manual masih jauh lebih aman. Atau sebagai alternatif, carilah program submitter yang bisa menampilkan submission result secara langsung, tidak hanya mengeluarkan output berhasil atau gagal, namun tanpa bukti.

Saat ini hari.narmadi.net sudah menyediakan submitter semi otomatis yang bisa mendaftarkan situs atau web anda ke beberapa search engine secara cepat. Submission result bisa dilihat secara langsung, sehingga anda tidak perlu ragu tentang keberhasilannya.

Keadaan koneksi internet juga harus diperhatikan. Jangan men-submit pada saat koneksi internet lambat. Persentase kegagalan bisa lebih besar. Submitlah situs atau web anda diluar jam-jam sibuk, yang bisa menjamin koneksi secara lancar.

Sekarang situs atau web anda sudah di daftarkan ke berbagai search engine utama. Apakah semuanya sudah selesai…? Tentu saja belum. Anda harus mendaftarkan lagi ke yahoo, open directory project, dan beberapa directory besar lainnya. Jika sebelumnya anda berharap dengan search engine spider, sekarang anda berhadapan dengan editor manusia. Kalau ingin terdaftar, ikuti aturan mereka dan berikan yang terbaik yang bisa disajikan web atau situs anda.

Dan saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau sudah mendapatkan sertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan perangkat yang sudah di sertifikasi, tentunya sudah teruji di balai besar pengujian perangkat telekomunikasi, sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin.

Demikian informasi dari saya tentang submit ke search engine yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

Bagi semua sahabat diblogger saya mohon dukungan dan do’a restunya karena saya sedang mengikuti contest yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina dengan Keyword Kerja Keras Adalah Energi Kita, silahkan anda memberikan dukungan dengan cara memberikan komentar atau memberikan link pada artikel tulisan sata yang berjudul Kerja Keras Adalah Energi Kita, bagi yang sudah memberikan dukungan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: