Beranda > Celoteh > Submit ke Directory

Submit ke Directory

Yahoo! dan open directory project adalah dua direktori terbesar yang sangat potensial untuk menaikan traffic blog atau situs anda. Ingatlah bahwa directory menggunakan editor manusia untuk menerima blog atau web. Bagian ini akan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan situs atau website ke beberapa directory utama.

Anda mungkin sekarang sudah mempunyai doorway page yang sempurna dengan meta tag yang terbaik di dunia. Tetapi berhati-hatilah, karena yang anda hadapi bukanlah sebuah spider, tetapi seorang editor manusia seperti anda. Semua taktik dan strategi jitu untuk search engine tidak akan berlaku disini. Apa yang bisa anda lakukan…? Bacalah tips-tips dibawah ini dan bandingkan dengan keadaan blog atau situs anda yang sekarang.

  1. Usahakan agar website atau situs anda mempunyai domain nama sendiri. Sebagian besar website atau situs yang diterima di yahoo! memakai top level domain, dan hanya sebagian kecil saja yang memakai sub domain yang dapat diterima (kecuali situs atau web anda mempunyai content yang unik).
  2. Nama domain sebaiknya mencerminkan isi dari website atau situs anda.
  3. Pastikan tidak ada broken link, gambar yang tak bisa tampil, atau javascript eror pada halaman blog atau situs anda. Jangan mensubmit website atau situs yang belum 100% siap.
  4. Setiap directory memiliki aturannya masing-masing. Bacalan aturan tersebut sebelumnya agar web atau situs anda terhindar dari diskualifikasi.
  5. Daftarkan web atau situs anda pada kategori yang tepat dan paling spesifik. Lihat juga beberapa blog atau situs yang sudah terdaftar pada kategori tersebut. Usahakanlah mencari category dengan jumlah pesaing yang paling sedikit.
  6. Daftarkan hanya halaman utama saja. Jika anda mendaftar halaman-halaman lain yang merupakan sub dari halaman utama kemungkinan besar akan ditolak. Kecuali halaman tersebut benar-benar memiliki content yang langka.
  7. Perhatikan berapa lama anda bisa men-submit ulang web atau situs anda (misalnya 2 bulan). Jika belum terdaftar, lakukan submit ulang dalam jangka waktu tersebut.

Disini kesabaran anda benar-benar diuji. Yahoo setiap harinya menerima pendaftaran lebih dari 10 juta situs. Sedangkan yang bisa ditangani oleh editornya sekitar 5 sampai 10 persen saja. Jadi bersabarlah untuk melakukan submit ulang dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kalau ingin cepat, anda bisa memakai fasilitas submission express. Dijamin website atau situs anda akan di review dalam waktu 2-7 hari. Tetapi yahoo mengenakan biaya sus 299 pertahun, untuk fasilitas ini. Ini hanya jaminan agar situs atau web anda di-review lebih cepat, bukan jaminan untuk diterima. Saat ini yahoo melakukan review untuk sebuah web atau situs bisnis setahun sekali, dan untuk sekali review dikenakan biaya sus 299. Memang bukan jumlah yang sedikit, apalagi untuk perusahaan-perusahaan berskala kecil.

Perlu diingat disini bahwa tujuan yahoo menerima website atau situs anda bukan membantu meningkatkan visitor web atau situs anda, melainkan untuk melengkapi koleksi link pada direktory yang mereka miliki. Jadi peluang anda untuk terdaftar akan lebih besar, jika anda bisa memberikan web atau situs dengan isi yang unik dan belum ada/sedikit jumlahnya pada directory mereka. Adalah suatu anugrah yang sangat indah apabila web atau situs anda bisa diterima di yahoo secara gratis untuk saat ini. Bukan apa-apa, karena hal itu menjadi sangat sulit sejak yahoo mengubah kebijakannya di akhir tahun 2001. Apalagi web atau situs anda tergolong web atau situs bisnis, hanya submission express yang bisa menyelamatkan anda.

Saat ini yahoo! masih merupakan directory yang paling ramai (menguasai 25,4% dari seluruh pengguna internet) ditambah dengan google sebagai search engine default-nya (menguasai 5% dan terus meningkat). Tetapi ada hal yang menarik. AOL, Altavista, Netscape, dan Lycos, jika digabung menguasai 40,5% dari pengguna search engine di seluruh dunia. Keempat search engine ini memiliki database dari open directory project (ODP). Jadi akan sangat menguntungkan jika web atau situs anda juga terdaftar di DOP (www.dmoz.org). Directory lainnya yang juga harus diperhatikan adalah Looksmart. Database Looksmart dipakai sebagai main result di MSN, Altavista, Excite, dan iWon. Tetapi anda harus mengeluarkan uang sebesar sus 149 untuk bisa terdaftar di Looksmrt Network.

Dan saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau sudah mendapatkan sertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan perangkat yang sudah di sertifikasi tentunya sudah teruji di balai besar pengujian perangkat telekomunikasi, sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin.

Demikian informasi dari saya tentang submit ke directory yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

Bagi semua sahabat diblogger saya mohon dukungan dan do’a restunya karena saya sedang mengikuti contest yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina dengan Keyword Kerja Keras Adalah Energi Kita, silahkan anda memberikan dukungan dengan cara memberikan komentar atau memberikan link pada artikel tulisan sata yang berjudul Kerja Keras Adalah Energi Kita, bagi yang sudah memberikan dukungan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: