Beranda > Lintas Otomotif > Akal-Akalan Slek

Akal-Akalan Slek

Selamat datang di sapu jagat blog, Kadang rider tak sadar akan hal-hal kecil. Misalnya gerigi tuas persneling kaki slek karena dimakan usia. Gejalanya kadang tidak kita sadari, saat sedang pindah gigi tiba-tiba tuas persneling tadi ngelos, akibatnya nggak bisa pindah gigi. Kalau kebetulan di gigi satu, ya terus aja disitu atau posisi gigi lainnya. Jelas ini berabe, Bro!

Pas dicek, gigi persneling tadi kendur dan nggak bisa menggigit tuas. Biasanya, penguatnya adalah baut ukutan 10 inci. Pas di kencengin tetep aja nggak menggigit. Hati-hati brother, kalu dipaksakan baut tadi bisa patah di dalam, ini bikin sengsara lagi karena tuas nggak bisa dibuka dan tetap dalam keadaan kendur.

Untuk itu sampean mesti antisipasi. Jika riding ditempat ramai atau banyak bengkel, masalah bisa langsung terselesaikan. Tinggal bawa kebengkel, tuas persneling diganti, beres! Tapi dalam keadaan darurat misalnya lagi turing yang jauh kemana-mana dan malam hari, sampeyan bisa susah sendiri.

Dari berbagai pengalaman peturing, ada tips yang layak disimak.”Nggak perlu khawatir apalagi panik, kalem aja, asal brother punya kunci ring 10 dan tang,” jelas Eko Yulianto, mekanik Carburator Springs juga ketua Outsiders Jakarta. Dua alat inilah penyelamat trouble ini.

Buka dulu tuas persneling yang slek tadi dengan kunci ring ukuran 10 dan sobat mencari alat bantu, yakni kabel kopling.”Gunakan tang, potong sedikit kabel kopling yang tidak terpakai. Lantas uraikan kabel tadi hingga menjadi serabut,”jelasnya. Serabut besi tadi berguna untuk memberikan permukaan tak rata pada gigi yang sudah slek. Setelah itu tinggal selipkan serabut ketuas persneling dan kencangkan lagi tuas tadi.

Untuk sementara tuas akan menggigit dengan baik. Nah, setelah lepas dari kesulitan tadi brother jangan lupa mengganti tuas yang sudah slek dilain waktu.

Tadi bagaimana jika tidak tersedia kabel kopling? Kan gak mungkin kemana-mana bawa kabel kopling. Namun jangan khawatir atau harap tenang. Bisa diakali dengan diganjal seng atau bekas kaleng minuman ringan. Tapi tentunya tidak sekuat menggunakan kabel kopling. Begitu roger…ganti!hehehe…

Demikian informasi dari saya tentang Akal-Akalan Slek yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya. Info ini saya ambil dari sini.

Kategori:Lintas Otomotif
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: