Beranda > Lintas Otomotif > Motor Balap Listrik

Motor Balap Listrik

Selamat datang di sapu jagat blog, Dunia balap juga mengikuti isu ramah limgkungan dan energi alternatif. Salah satunya pada juni 2009 digelar balapan motor listrik TT Grand Prix di sirkuit legendaris TT Isle Of Man, Inggris. Di sana diperkenalkan dan diuji TTX01 atau TTX GP sebagai motor sport balap tenaga listrik.

Sebenarnya balapan motor listrik di Isle Of Man sudah di bikin sebelumnya di California, Amrik, april lalu. Bedanya di California menggunakan jenis SE atau special engine listrik dengan mengitari lintasan selama 24 jam. memang, jenis SE listrik lebih dulu serius diproduksi oleh pabrikan KTM dari Austria. Proyek balapan endurance 24 jam itu langsung ditangani FIM, badan resmi tertinggi balap motor dunia.

TTX diproduksi Agni Motor (AM), India. AM pabrikan motor listrk hasi kerja sama India dan Inggris. Lebih dari 3 tahu AM meriset tunggangan TTX. Otak utamanya Azhar Hussein, perancang TTX spesialis untuk kompetisi. Lebih dari 5 unit dipersiapkan AM untuk balapan kali ini.

Walaupun dianggap baru untuk dunia balap motor aspal, 4 tim sudah mengikuti balapan motor listrik. Agni Motors dari India, XXL Racing dari Jerman, Bramo Team dari Amerika, dan Mission Motor yang jadi peserta tahun ini. Kejuaraan emisi 0 jadi puncak setelah begitu cepatnya perkembangan teknologi polutan zero. Kami berharap bisa jadi tempat untuk tim dan fans yang ingin tahu soal balap motor listrik, bilang Azhar Hussein.

Basis TTX yang digunakan diambil dari suzuki GSX-R750 K2007. TTX menggunakan 95 dinamo dan 63 baterai lithium dengan kemampuan 70AH. Mengandalkan gerak roda dua. Masing-masing roda pakai dinamo. Hasilnya daya kuda 86 hp dan torsi maksimum 170 lb-ft.

Pastinya tahun depan TTX dijual umum di benua Eropa. Artinya, akan lebih seru, peserta balap motor listrik di Isle Of Man bertambah. Era baru kompetisi motor siap berpindah karena gimana pun dunia butuh udara 0 emisi. Demikian informasi dari saya tentang motor balap listrik yang bisa saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya. Info ini saya ambil dari sini.

Kategori:Lintas Otomotif
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: