Beranda > Lintas Otomotif > Yamaha Crypton 1998

Yamaha Crypton 1998

Selamat datang di sapu jagat blog, ini dia the best mofest 2 2009 yang mewakili region 1. konsep yang di usung yamaha crypton 98 cukup simpel, tapi punya sejarah yang panjang, sampai jadi peserta mofest 2 2009 di jogja dan sudah mengalami empat kali perubahan. Artinya, puncak perubahan ada di mofest 2 ini.

Saya selalu berusaha untuk ada bagian yang handmade supaya motor tetap layak untuk di pakai. Enggak ada yang bernama salah saat dipakai, beber Agung Iswanto, modifikator sekaligus pemilik crypton dari Muntilan Jogja.

Waktu ubah pertama, crypton tampil muda, full bodi cover vega ZR dipaksa masuk ke crypton. Hal itu nggak bertahan lama, bodi vega ZR diganti dengan bodi depan-belakang plus batok lampu jupiter-z.

Nah, giliran full set bodi depan-belakang Yamaha X1 menggantikan jupitr z. Dari sini inovasi tanpa bergantung sama bodi yang sudah jadi dilakukan Agung. Sempet bertahan lama, tapi kebesaran, ujar Agung yang juga pemilik rumah modifikasi Endok Ceploek Muntilan (ECM).

Tapi, ada kelemahan pakai bodi X1, bagian belakang jadi kelihatan gembung atau kegemukan. Padahal, basis dasar bodi tengah sampai belakang crypton langsing. Di sinilah EMC bergerak untuk mendesain ulang buritan.

Keputusannya ya kudu bikin baru dengan mendesain baru buntut X1 spesial untuk crypton. Mesti bikin mal baru, Diusahakan dempulnya tipis supaya enggak bermasalah waktu di pasang, jelas Agung yang 28 tahun itu.

Desain buntut tetap ngambil contoh punya X1 yang orisinal. Tetapi, dimensi, terutama bagian samping kanan-kiri, dibuat langsing. Hehehe, enggak tahunya kalau mau pas bodi belakang X1 yang sudah dirancang ulang harus modif rangka, sosor Agung.

Rangka yang dimaksud Agung subframe di bawah jok. Bentuk bagian rangka crypton ada tekukan, sedangkan butuh bagian rangka tanpa tekukan. Berarti rangka diroll ulang untuk meluruskan semua lekukan itu.

Bagian rangka kelar digarap, tetapi ada lagi trik supaya buntut X1 handmade bisa masuk dan pas dipasang. Dibikin dudukan berbentuk U terbalik dari pelat sebanyak dua unit. U terbalik tadi dipasang berbaris di bagian dalam untuk dudukan X1.

Untuk finishing, semua menggunakan baut L, finishing paling penting biar orang lain bisa enak melihatnya. Untuk data modifikasinya adalah ban depan menggunakan Blackstone 90/80-17, pelek depan enkei 2,15, pelek belakang 17 2,50 x 17, cakram AHRS, handgrip kitaco. Demikian informasi dari saya mengenai modifikasi yamaha crypton 1998 ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya. Info ini saya ambil dari sini.

Kategori:Lintas Otomotif
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: