Beranda > Tutorial Bonsai > PENYIRAMAN, PEMUPUKAN, DAN PENGOBATAN

PENYIRAMAN, PEMUPUKAN, DAN PENGOBATAN

Selamat datang di Indonesian Bonsai, kali ini saya akan menulis artikel tentang penyiraman, pemupukan, dan pengobatan pada tanaman balck pine.

Black Pine adalah pohon yang senang air. Jika kita melakukan penyiraman yang cukup, maka akan tumbuh subur. Penyiraman dilakukan minimal 1 hari 1 kali, kalau musim panas minimal 2 kali sehari, dan harus sekalian menyiram daunnya. Airnya tidak boleh mengendap di tanah dalam pot (ini sangat penting !). Maka hasilnya adalah pohon tumbuh subur, daunnya lebat dan berwarna hijau tua mengkilap. Black Pine juga tahan kering bila ditanam dalam pot. Apabila terlambat menyiram 1-2 hari maka tidak akan mati kekeringan, tapi akan menghambat pertumbuhannya atau menyebabkan pohon menjadi stres. Kalau sampai demikian maka untuk mengembalikan kesuburannya sampai semula harus memerlukan waktu beberapa bulan. Dan harus ingat black pine tidak bisa hidup dengan disiram air yang kena polusi, maupun di tempat yang udaranya berpolusi.

Black Pine paling bagus ditempatkan pada tempat yang sehari penuh kena sinar matahari, dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Pemupukan cukup 1 bulan 1 kali pada tanahnya dengan dosis standard (1 sendok makan 4 liter air), dan 1 minggu 1 kali pemupukan pada daunnya (dosis ½ sendok makan 4 liter air).

Demikian informasi dari saya tentang penyiraman, pemupukan dan pengobatan yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan anda.

Iklan
Kategori:Tutorial Bonsai
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: