Beranda > Bloging > Tempel Google,Facebook Lewati Yahoo

Tempel Google,Facebook Lewati Yahoo

Situs jejaring sosial Facebook berhasil mengalahkan Yahoo dalam hal jumlah pengunjung situs di Amerika Serikat (AS). Facebook pun diyakini bakal melewati situs dengan jumlah pengunjung terbesar di AS, Google. Menurut data lembaga pemeringkat situs Compete. com yang dirilis kemarin, pada Desember 2009 Yahoo masih mengumpulkan 133,45 juta pengunjung, sedangkan Facebook terpaut sedikit di belakangnya dengan jumlah pengunjung 132,13 juta. Namun, pada Januari lalu, Facebook sudah melewati Yahoo dengan raihan 133,62 juta pengunjung.

Yahoo terpuruk ke tempat ketiga dengan hanya dikunjungi 132 juta pengakses. Google yang mampu menarik pengunjung sebanyak 148 juta orang tetap kokoh di peringkat pertama. Catatan lain diungkapkan Compete.com. Pada hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru,Facebook mampu menyingkirkan Google dalam urutan jumlah pengunjung.

Banyaknya pengunjung internet yang ingin berkirim kabar kepada teman ataupun kerabat jauh menjadi alasan mengapa situs Facebook menjadi primadona saat hari libur. Compete.com juga menyebut sebanyak 11,6 % pengguna internet di seluruh dunia menghabiskan waktunya untuk membuka Facebook. Analis RBC Capital Market Ross Sandler meyakini dalam waktu kurang dari dua tahun ke depan atau pada 2012, Facebook akan melampaui raihan Google. Terlebih jumlah pengunjungnya naik sekitar 10,8% setiap bulannya.

Salah satu faktor yang akan terus menunjang kepopuleran Facebook adalah makin banyaknya orang yang berminat dalam aktivitas jejaring sosial. Fasilitas Facebook yang memungkinkan pengunjung mengetahui kabar teman atau keluarga mereka membuat situs itu menjadi pilihan pertama pengunjung saat mereka membuka internet. Data Capital Market memperkirakan sampai akhir tahun lalu, 45% dari pengguna internet langsung mengakses Facebook saat membuka internet.

Jumlah ini naik 39% dari tahun sebelumnya. Sandler mengatakan Facebook akan dengan cepat menjadi raksasa nomor satu di internet dan menjadi mesin pendulang uang bila mereka bisa menemukan model bisnis yang pas.“Seiring dengan makin banyaknya pengguna dan lama waktu yang digunakan untuk mengunjungi Facebook,situs web lain atau perusahaan akan semakin mengakui kebutuhan mereka untuk tampil di Facebook,” ucap Sandler.

Berbeda dengan Facebook yang semakin menggila, Yahoojustru terus terpuruk. Setelah bertahuntahun menjadi raja dan menjadi yang terpopuler, posisi situs yang diluncurkan pada 1995 tersebut digeser Google dua tahun lalu dengan perbedaan jumlah pengakses yang signifikan. Keterpurukan Yahoo memang sudah diprediksi karena situs tersebut dianggap kurang bisa mengikuti perkembangan zaman.

Facebook diluncurkan mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Semula, Zuckerberg menggunakan situsnya hanya untuk saling mengenal antarmahasiswa Harvard. Namun, situs ini dengan cepat menjadi favorit di kalangan mahasiswa kampus tertua di AS tersebut. Hanya dalam waktu dua pekan, setengah mahasiswa Harvard yang berjumlah lebih dari 20.000 sudah menjadi anggota.

Situs ini kemudian diperkenalkan ke publik pada September 2006. Situs ini langsung menyedot pengguna internet sehingga mampu mendongkrak peringkatnya dari nomor 67 ke peringkat ketujuh dalam waktu setahun, termasuk Kanghari juga disedot situs facebook. Sejak diluncurkan, situs ini mampu menyedot 400 juta anggota. Kepopulerannya juga membuat Zurkerberg menjadi CEO termuda yang bergelar triliuner.

Berkat situsnya, pria yang baru berusia 25 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai USD1,5 miliar atau sekitar Rp15 triliun. Pengamat internet Wicaksono menilai, kepopuleran Facebook di dunia tidak lain karena keunggulan yang dimiliki. Dalam situs ini orang bisa dengan mudah menemukan teman-temannya dan berinteraksi di dalamnya.

Selain itu, situs ini juga memberikan wadah bagi pengguna untuk eksis dengan memperbarui status, mengunggah foto, dan sebagainya.“Karena inilah yang memang sangat dibutuhkan sehingga wajar jika kemudian banyak pengguna yang memanfaatkan Facebook,”ujarnya. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot S Dewa Broto mengatakan, perludilakukansosialisasi agar masyarakat tidak menggunakan Facebookuntuk hal yang negatif.

Iklan
Kategori:Bloging
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: