Beranda > Bebas > Membuat Patung Luar Biasa dari Mentega

Membuat Patung Luar Biasa dari Mentega

Semua orang tahu, terlalu banyak mengonsumsi mentega bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi, siapa yang pernah berpikir menggunakan mentega untuk menciptakan patung yang sangat bagus sekali? Dialah Vipula Athukorale, salah satu koki paling imajinatif di dunia. Dia telah membuat patung mobil Rolls-Royce,patung pemandangan latar film Pinocchio dan cerita Pied Piper. Berbagai karya patung spektakuler itu membuatnya meraih dua medali emas dan satu medali perak dalam kompetisi internasional Salon Culinaire Awards 2010 di London pekan lalu (15/3).

Para juri dalam kompetisi itu sangat kagum dengan tingkat ketelitian, kecermatan, dan kesabaran Athukorale dalam menghasilkan berbagai patung berbahan mentega.‘’ Pembuatan patung mobil Rolls- Royce membutuhkan waktu 90 jam karena seluruh bagian dalam dan luar mobil itu memiliki seluruh detail yang rumit,”ujar Athukorale.

Menurut ayah satu anak ini, kesabaran dan ketelitian memang bagian terberat dari proses penciptaan patung-patung mentega itu. “Jika Anda bernafas, tangan Anda akan ikut bergerak.Jadi saya tidak boleh melakukannya. Saya pun melakukan ini, menarik napas dalam-dalam, menahannya, dan mulai mengukir atau melakukan apa yang harus dilakukan.

Lalu menarik tangan dan mengeluarkan nafas,”papar Athukorale. Tidak hanya itu, Athukorale harus beristirahat secara rutin dari aktivitas mengukir patung mentega dan mencuci tangannya dengan air es yang sangat dingin.Menurutnya, jari-jari yang panas bisa membuat mentega itu meleleh. Selain itu, suhu ruangan harus dijaga tetap dingin sehingga mentega itu tetap keras dan mudah dibentuk.

Setelah selesai, patung-patung itu dapat bertahan dan ditampilkan selama bertahun-tahun. Mentega yang digunakan Athukorale dari jenis margarin untuk kue kering sehingga tidak mudah meleleh. “Saya pernah membuat satu kapal Viking saat saya berada di Bahrain dan hingga saat itu patung itu tetap ditampilkan di lobi hotel. Patung kapal itu bertahan di sana selama bertahun-tahun,”tuturnya.

Athukorale lahir di Sri Lanka dan pernah bekerja di berbagai hotel kelas atas di Yunani, Irak, Cyprus, Bahrain, dan Inggris. Koki yang kini berusia 46 tahun itu bercerita, saat bekerja di Irak, dia pernah membantu mendesain makanan untuk Pemimpin Irak Saddam Hussein dalam pesta ulang tahunnya ke-50.

Setelah merasa cukup berpetualang di berbagai negara dengan menjadi koki, dia membawa keluarganya ke Leicester pada Juni 2004. Athukorale bercerita, kegemarannya membuat patung telah berawal sejak masih kanak- kanak. Awalnya dia mempunyai hobi menggambar. Lalu seseorang memberinya tanah liat, dan saat itu mulailah dia belajar mematung.

Hobi membuat patung dari tanah liat kemudian dikembangkan lagi menjadi membuat patung berbahan polisterin.“Itulah favorit saya, dan saya pun mencoba membuat patung dari mentega dan bahan makanan,”katanya. Karya-karya yang dihasilkan Athukorale memang luar biasa.

Kendati sudah menjadi terbaik di bidangnya, dia ternyata masih berpikir kembali ke hotel.Dia ingin keahliannya itu dapat diterapkan di hotel-hotel yang menyajikan makanan berkualitas bagi tamu-tamunya. Athukorale bersedia membagi ilmunya untuk siapa saja yang berminat belajar cara pembuatan patung berbahan mentega tersebut.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: