Beranda > Update > Malaysia Umumkan Reformasi Ekonomi

Malaysia Umumkan Reformasi Ekonomi

Pemerintah Malaysia kemarin mengumumkan rencana reformasi ekonomi yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan status menjadi negara maju pada 2020.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, model ekonomi baru ini dirancang untuk meningkatkan perekonomian, menciptakan tenaga kerja berkualitas tinggi, dan menarik investasi asing yang sangat dibutuhkan. Najib mengakui, pihaknya menghadapi hambatan dalam merumuskan kebijakan terbarunya terhadap kaum muslim Melayu dan kelompok-kelompok masyarakat adat yang dikenal sebagai “Bumiputra” karena dianggap tidak kompetitif. “Kita perlu cara baru dalam melakukan sesuatu.

Sementara pemulihan telah dimulai, kita harus bertindak sekarang untuk posisi Malaysia di masa depan,” kata Najib dalam pidatonya di Kuala Lumpur kemarin. Terkait masalah tenaga kerja, Najib menyatakan, model ekonomi baru tersebut akan meningkatkan kualitas dan keterampilan angkatan kerja juga mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja asing terutama di sektor perkebunan dan industri di Malaysia.

Bank Sentral Malaysia sebelumnya memprediksi pertumbuhan ekonomi Negeri Jiran itu akan tumbuh 5,5%. Namun, Malaysia harus bersaing dengan tetangganya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia, dan Vietnam. “Kami ingin Malaysia melakukan lompatan terutama dalam hal pendapatan per kapita per tahun dari saat ini USD7.000 menjadi USD15.000,”ujar Najib.

Analis Monash University di Kuala Lumpur James Chin menyatakan, kebijakan baru reformasi ekonomi yang didengungkan Najib akan membuat posisi perdana menteri itu menghadapi kesulitankesulitan dari kalangan Bumiputra karena mereka kehilangan hak istimewa terutama dalam bidang perumahan, pendidikan, dan bisnis.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: