Beranda > imgrandong > Anak Cerdas dari Tanah Dewata

Anak Cerdas dari Tanah Dewata

BALI selama ini selalu diapresiasi karena keunggulan destinasi pariwisata. Tetapi, Bali kali ini juga patut dibanggakan setelah dua orang pelajarnya menorehkan prestasi sebagai peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi tingkat SMP/MTs. Keduanya adalah Ni Kadek Indra Puspayanti dari SMPN 1 Abiansemal, Badung dan Ni Made Yuli Lestari, siswi SMPN I Gianyar, yang sama-sama mencetak nilai total ujian 39,80. Atas kecerdasannya, Indra dan Yuli mendapat kesempatan berbicara langsung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Hal ini membuat mereka bangga. Mereka tak pernah mengira prestasi mereka diapresiasi orang nomor satu di negeri ini, menurut informasi yang diterima Hosting Murah Indonesia Indositehost.com. ”Meski sudah beberapa hari, rasa bangga itu masih terasa sampai sekarang,”kenang Indra kepada Seputar Indonesia. Dalam benaknya, Indra mengaku tak sedikit pun tebersit bayangan akan berbicara langsung dengan orang nomor satu di negeri ini.Apalagi dia hanyalah anak pedagang nasi lawar atau nasi campur khas Bali, di mana keuntungannya dipakai untuk menghidupi dia dan kedua saudaranya.

Rumahnya pun cukup terpelosok, tepatnya di Banjar Tengah Blahkiuh, Abiansemal,Badung.Namun,kesulitan ekonomi bukan alasan bagi Indra untuk tidak berprestasi.Untuk menghadapi ujian,dia sudah melakukan persiapan sejak enam bulan sebelumnya atau tepatnya ketika menginjak semester dua.Selain berlatih dengan soal ujian sebelumnya, dia juga rajin mengikuti bimbingan belajar yang diberikan gurunya.Di samping itu,dia juga rajin mengakses contoh soal ujian dari internet untuk menambah pengetahuan meski untuk hal itu dia harus menyisihkan sedikit uang sakunya.”Itu pun harus mengumpulkan dari sisa uang saku dulu,”ungkap putri pasangan I Nyoman Sukerta dan Ni Putu Jagriani ini. Usaha itu ternyata tidak sia-sia.Dalam hasil ujian,Indra mencetak nilai 10 untuk tiga mata pelajaran sekaligus, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Nilai Bahasa Inggris siswi yang bercita-cita menjadi polisi wanita ini juga nyaris sempurna, 9,80. ”Kalau dua soal Bahasa Inggris betul,tentu bisa sempurna dengan angka 40,”imbuh siswi yang berencana meneruskan sekolah ke SMAN 1 Kuta Utara ini. Nilai yang sama juga ditorehkan Yuli. Di SMPN I Gianyar, tercatat ada 35 pelajar yang meraih nilai sempurna 10, terdiri atas mata ujian Matematika sebanyak 35 orang,mata ujian IPA (30 orang),dan Bahasa Indonesia (3 orang).Namun,dari jumlah itu,Yuli terpilih sebagai yang terbaik dengan nilai 10 pada tiga mata pelajaran sekaligus, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Nilai Bahasa Inggris yang diraih Yuli sama dengan yang dicapai Indra. Kemampuan dan prestasi akademik siswa kelas IX A asal Tegalalang, Gianyar telah tampak sejak kelas VII dengan selalu meraih juara umum.

Selain itu,Yuli pun kerap mewakili sekolah dan kabupaten, meraih Juara III OSN Fisika,Juara I Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat provinsi,dan Juara III Lomba Cerdas Cermat tingkat Provinsi Bali, serta berbagai prestasi akademik lainnya. Selain diraih Indra dan Yuli, dua penghargaan tingkat nasional lainnya juga disabet Bali.Penghargaan itu diperoleh SMPN I Denpasar yang mencetak kelulusan jumlah siswa tertinggi yang mencapai 98,6%. Satu penghargaan lagi diraih SMPN I Gianyar sebagai sekolah yang siswanya memiliki nilai rata-rata ujian tertinggi, 9,38. Gubernur Bali Made Mangku Pastika berjanji akan memberikan hadiah kepada Indra dan Yuli karena prestasi yang diraih dua siswi tersebut.

”Kami punya beasiswa bagi siswa tidak mampu, juga ada beasiswa bagi siswa berprestasi. Dengan berprestasi bisa diberikan beasiswa sampai sekolah keluar negeri,”kata Pastika.

Iklan
Kategori:imgrandong
  1. Mei 23, 2010 pukul 12:30 am

    lulusan tahun ini kah ?
    bukan nya bali pada tahun ini termasuk banyak yg ngak lulus.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: