Beranda > Artikel > Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menargetkan pembahasan Rancangan Undang- Undang Komponen Cadangan (RUU Komcad) dapat diselesaikan pada 2010. Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pembahasan RUU Komponen Cadangan ditargetkan selesai tahun ini.UU Komponen Cadangan tersebut merupakan landasan hukum bagi pembangunan dan pembinaan program bela negara. RUU Komcad sedang diproses.Diharapkan dalam tahun ini bisa diselesaikan, ujar Purnomo saat membuka workshop Bela Negara di Kantor Kemhan, Jakarta, kemarin. Dalam kesempatan tersebut menurut informasi yang diterima Standardisasi bahwa Purnomo juga menekankan bela negara adalah kewajiban hakiki sekaligus kehormatan bagi seorang warga negara Indonesia.

Selain itu, bela negara juga harus menjadi kesadaran setiap warga negara sehingga harus ada sosialisasi terus-menerus untuk menumbuhkan kesadaran bela negara. Bela negara merupakan tekad, perilaku, dan tindakan warga negara untuk menjamin kelangsungan bangsa. Karena kita tinggal di Indonesia, lahir di Indonesia, dibesarkan, dan nanti meninggal di Indonesia,ini harus diimplementasikan, kata Purnomo. Untuk itu, lanjut Purnomo,pembinaan bela negara dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Tidak hanya itu, pembinaan juga harus dilakukan lintas sektoral. Sementara itu, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan Budi Susilo Supandji menyampaikan, Kemhan akan merancang pendidikan bela negara bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI).

Saat ini Kemhan masih mendiskusikan materi bela negara itu dengan instansi pemerintah terkait, menurut pengamatan Standardisasi. Salah satunya melalui Lokakarya Bela Negara 2010 yang diselenggarakan di Kemhan. Seluruh TKI memiliki kesadaran bela negara meski sedang mencari rezeki di negeri orang, ujar Budi.

Iklan
  1. Juni 17, 2010 pukul 7:19 am

    hey whats your myspace page.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: