Beranda > Science > Rahasia Senyum Mona Lisa Terungkap

Rahasia Senyum Mona Lisa Terungkap

Rahasia Senyum Mona Lisa Terungkap

Rahasia Senyum Mona Lisa Terungkap

Siapa yang tak kenal dengan lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci? Hampir semua penggagum seni terkesima dengan rahasia dibalik senyum Mona Lisa, termasuk Standardisasi. Nah, seorang ilmuwan asal Perancis menemukan rahasia dibalik legenda lukisan tersebut. Menurut para ilmuwan tersebut, teknik yang digunakan oleh Da Vinci disebut Sfumato. Teknik ini memberikan garis besar, kontur dan menciptakan ilusi kedalaman dan bayangan. Para ilmuwan tersebut menemukan 30 lapisan cat pada lukisan yang dibuat oleh sang maestro.

Lapisan yang terdapat dalam cat tersebut yang berukuran kurang dari 40 mikrometer atau sekitar setengah dari ketebalan rambut manusia itu menjadi standar karyanya. Demikian yang dilansir AP, Selasa (20/7/2010). Para ilmuwan itu melakukan penelitian dengan cara membandingkan tujuh lukisan buatan da Vinci yang tersimpan di Museum Louve di, Paris, termasuk salah satunya yang paling terkenal, yaitu Mona Lisa.

Menurut informasi yang diterima Standardisasi bahwa beberapa lapisan cat pada lukisan lain menunjukkan pelukis tersebut terkadang menggunakan glasir,” terang salah satu ilmuwan. Seperti diketahui, lukisan Mona Lisa diperkirakan dibuat pada 1503. Perempuan pada lukisan itu diduga bernama Lisa Gherardini, istri pedagang Florence Francesco del Giocondo.

  1. Red
    Juli 20, 2010 pukul 7:10 pm

    Jadi? Apa rahasianya?

  2. Juli 23, 2010 pukul 7:33 am

    Lapisan cat pada lukisan bos…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: