Beranda > Artikel > 30 Dokter Segera Operasi Rizka

30 Dokter Segera Operasi Rizka

Masih ingat dengan Rizka, bayi yang memiliki empat kaki akibat kembar tidak normal. Bayi cantik yang kini telah berusia 15 bulan dan tumbuh sehat segera menjalani operasi pengangkatan kaki parasit yang tumbuh di selangkangannya, pada Senin (9/8).

Selama ini kaki tersebut disebut sebagai kembarnya dan diberi nama Rizki. Operasi putri pasangan Husnul Marpaung, 46, dan Asnizar, 42, ini akan ditangani 30 dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik (HAM). Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUP HAM Azwan Hakmi menjelaskan, operasi ini akan dilakukan secara bertahap. Sebelum dimulai, mereka akan melakukan persiapan secara fisik terhadap balita asal Labuhanbatu Utara itu. “Termasuk mempersiapkan peralatan,obat-obatan dan bahan habis pakai.

Ada juga beberapa peralatan yang sudah kita pesan dari Jakarta.” ”Seperti ventilator bayi dan cairan penghangat,” ujarnya di kantornya kemarin. Ketua Tim Operasian Rizka adalah Prof dr Munir Lubis SpA dan Prof dr Nazar Sp Orth. “Kita juga sudah mempersiapkan 1 liter darah, trombosit dan prozer plasma untuk persiapan pengoperasiannya nanti. Biaya keseluruhan operasi tahap pertama ini diperkirakan mencapai Rp300- 400 juta,” ungkapnya. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) RSUP HAM M Nur Rasyid Lubis menambahkan, operasi akan memakan waktu selama kurang lebih enam jam.

“Masing-masing spesialis akan kita libatkan di sini karena kasus seperti ini termasuk langka. Ini kita lakukan karena semua dokter spesialis akan melihat secara bersama langkahlangkah yang akan dilakukan agar jangan ada syaraf yang terputus akibat pengoperasian ini. Inilah tingkat kesulitannya dan butuh konsentrasi yang cukup,” tegasnya. Usai operasi tahap pertama mereka akan kembali melakukan operasi lanjutan beberapa bulan kemudian dan melihat kondisi terakhir Rizka. Sementara itu, Husnul Marpaung, mengaku cemas menunggu hari anak kelimanya dioperasi.

“ Namun saya sudah siap menerima risiko apa pun karena sejak awal saya meninginginkan anak saya ini dioperasi secepat mungkin dan melihat dia tumbuh normal seperti anak-anak yang lain,” tandasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Rizka kali pertama dirawat di RSUP HAM sejak April 2009 atau sekitar 15 bulan dia dirawat oleh tim medis, termasuk dokter dan perawat. Saat ini pihak rumah sakit masih melakukan persiapan secara fisik.

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: