Beranda > Blogging > Eksploitasi Anak Masih Terjadi

Eksploitasi Anak Masih Terjadi

Eksploitasi anak di Kabupaten Deliserdang masih banyak ditemukan. Mereka bekerja di berbagai bidang yang rawan terhadap keselamatan usia anak.

“Tak dimungkiri, hingga kini banyak anak-anak yang masih saja dipekerjakan pada tempat-tempat yang berbahaya,” ungkap Ketua Forum Anak Kabupaten Deliserdang Lili Suryani saat Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2010 tingkat Kabupaten Deliserdang di Balairung, Kecamatan Lubukpakam, kemarin. Berdasar penelusuran Forum Anak di wilayah Kabupaten Deliserdang banyak ditemukan anakanak yang dipekerjakan pada kilang batu bata. Mereka bekerja mengangkat lumpur, mencetak, hingga mendinding hanya untuk mendapat upah harian. Ironisnya, ketika membongkar dari dapur pembakaran hampir keseluruhan aktivitas itu tidak memakai alat pengaman, seperti masker.

“Sudah tentu minimnya penggunaan alat keselamatan kerja itu mengakibatkan anak rentan menghirup debu tanah maupun debu batu bata yang telah dibakar,” papar Lili Suryani yang juga Ketua Forum Anak Sumut. Karena itu,momentum HAN ini diharapkan memotivasi seluruh komponen masyarakat, khususnya warga Deliserdang untuk ikut andil mengantisipasi praktik eksploitasi anak.Keberadaan Forum Anak bisa menjadi salah satu sarana untuk menyuarakan berbagai persoalan yang menggeluti anak-anak. Pada kesempatan itu,Ketua TP PKK Kabupaten Deliserdang Ny Anita Amri Tambunan menyatakan, salah satu tugas pemerintah, yakni melindungi dan memonitor agar praktik-praktik eksploitasi anak diberantas habis.

Namun, tugas itu tidak bisa hanya dijalankan pemerintah.Untuk itu,dia mengimbau agar persoalan ini menjadi perhatian serius semua kaum ibu.“Para ibu harus lebih bijak mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai si ibu yang menyuruh anaknya untuk bekerja,” tandasnya. Puncak HAN 2010 tingkat Kabupaten Deliserdang ditandai pelepasan balon dan burung ke udara.Tampak hadir Wakil Bupati Zainuddin Mars Ketua DPRD Fatmawati Takrim,Ketua GOPTKI Ny Asdiana Zainuddin Mars, Asisten I Pemkab Deliserdang M Iqbal Nasution, dan Kadisdikpora Pemkab Deliserdang Sofian. Pada kegiatan itu, anak-anak turut menampilkan berbagai kreativitas mereka,mulai tarian,nyanyi, balita bercerita, hingga tunanetra memainkan suling dan saksofon.

Penampilan Nova, artis Idola Cilik III,semakin memeriahkan acara. Kegiatan itu juga didukung stan pemeriksaan gigi dan stan mobil pintar.Ada juga penyerahan hadiah bagi pemenang aneka perlombaan yang digelar sebelumnya. Untuk juara I lomba menari diraih Ade Irmasuryani,lomba menyanyi disabet M Rais, serta lomba menggambar dan mewarnai Dhea Ananda. Kemudian,lomba menyusun diraih Fazel Marselius D Damanik, lomba dai cilik Riski Anwar Nasution, dan pengkhotbah Klarisa.

Kategori:Blogging
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: