Beranda > Automotive > Cocok untuk Cowok Macho

Cocok untuk Cowok Macho

NEWHonda Mega Pro diluncurkan pada Senin (9/8) lalu di kawasan Sentul,Jawa Barat.Seputar Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menguji coba motor baru milik PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut.

PT AHM sepertinya memang tidak mau berlama-lama untuk membuktikan promosi mereka akan kehebatan New Honda Mega Pro ini. Dalam konferensi pers di Sentul International Convention Center, Sentul,Jawa Barat,petinggi PT AHM mengklaim motor sport ini akan jadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena memiliki desain dan performa yang mumpuni. Memang secara desain,Honda New Mega Pro yang baru saja lahir ini mengusung desain baru berkonsep street fighterdengan karakter yang berotot, padat, aerodinamis, dan modern.

Desain bodinya tampil lebih gagah dan sporty, terlebih berkat aplikasi advanced shroud atau cover tangki baru yang tajam. Desain baru lampu depan New Mega Pro kini dilengkapi cowl, clear lens,multirelfector, dan visor yang modern, serta garis desain yang menyatu dengan lampu depan sehingga membuatnya terlihat lebih gagah, kompak, modern, dan memberi kesan layaknya sebuah motor besar dengan garis bodi yang aerodinamis. Posisi setang pun didesain lebih ergonomis sehingga membuat motor ini nyaman dikendarai dan tidak mudah membuat lelah. Bagusnya lagi motor sport terbaru Honda ini juga sudah mengaplikasikan fitur adjustable monoshock beperforma tinggi dengan sistem dua pegas (atas dan bawah).

Adapun pegas bagian bawah dapat disetel (keras atau lembut) sesuai kebutuhan atau selera pemakai. Panel indikator yang terdapat di New Mega Pro pun terasa unik dengan mengombinasikan sistem analog tachometer dan digital spedometer. Lebih unik lagi karena panel indikator ini dilengkapi dengan jam digital. Sebenarnya, kalau Anda penggemar motor-motor India, panel indikator seperti ini memang sudah tidak asing lagi. Namun, karena ini adalah produk dari Honda, fitur baru ini sepertinya hanya pernah diaplikasikan pada Honda CS-1. New MegaPro dibekali dengan mesin 4 tak,5 percepatan,dan berkapasitas 150 cc.Aneh? Memang, karena Honda Mega Pro lama justru berkapasitas 160 cc.

Pertanyaannya, apakah kekuatan mesin ini jadi turun. Di brosur disebutkan meski kapasitas mesin turun kelas,mereka tetap menyematkan teknologi baru bernama XRP engine (X-tra responsive performance engine) dan low friction parts seperti piston bertekstur (rough surface piston),roller rocker armdan crankshaft bearing yang berfungsi mengurangi gesekan. Teknologi tersebut membuat performa tetap maksimal. Tak mau sekadar berpromosi, PT AHM pun langsung mengajak Seputar Indonesia untuk membuktikannya di sirkuit Sentul kecil. Saat mendudukkan badan ke atas jok, perasaan yang pertama dirasakan adalah nyaman.

Kaki Seputar Indonesia menjejak sempurna tanpa menjinjit. Ini wajar karena New Honda Mega Pro memiliki dimensi 2.050x757x 1.075 mm (PxLxT) dan wheel base 1.313 mm serta jarak terendah ke tanah 152 mm. Jadi, untuk postur orang Indonesia yang tidak begitu tinggi, motor ini tetap terasa nyaman. Setelah puas merasakan kenyamannya, Seputar Indonesiamulai memacu mesin. Respons motor ini cukup baik berkat adanya throttle position sensor dipadu CDI with 12 ignition mapping yang dapat meningkatkan ketepatan respons mesin terhadap putaran throttle.

itur ini mampu membuat pembakaran jadi lebih sempurna sehingga tenaga bertambah garang. Selain itu, fitur low friction partsmampu mengurangi gesekan sehingga membuat mesin lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar. Mesin motor ini juga dibekali dengan CECS (crankcase emission control system) yang mengatur gas buang dari crankcase sehingga mencegah pelepasan emisi ke udara serta SASS (secondary air supply system) Euro 2 yang memberikan suplai udara bersih (O2) yang akan mengurangi emisi dengan membakar gas-gas sisa pembakaran di exhaust. Ajaib,pada putaran mesin rendah dan atas,New Mega Pro sangat enteng. Rupanya ini yang akan menjadi kelebihan utama.

Mesin baru x-tra responsive performance engine 150 cc, SOHC, benar-benar tangguh. Teknologi baru yang mendukung performa mesin masih banyak. Salah satunya CECS (crankcase emission control system) yang mengatur gas buang dari crankcase. Sistem ini memberi suplai udara bersih yang mengurangi emisi gas buang. Namun, sesi pengujian harus berakhir cepat karena Seputar Indonesia hanya diberikan tiga kali putaran.Terlebih lagi jarak sirkuit Sentul kecil juga terbilang pendek. Namun, kenyamanan dan keandalan New Mega Pro cukuplah sesuai dengan yang tercantum di brosur.

Kategori:Automotive
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: