Beranda > Automotive > Gaddafi Ciptakan Roket untuk Kemanusiaan

Gaddafi Ciptakan Roket untuk Kemanusiaan

BANYAK pemimpin dunia mencintai mobil-mobil luks dan mahal. Namun,hanya sedikit dari mereka yang mampu menciptakan mobil. Contohnya pemimpin Libya,Kolonel Muammar Gaddafi.

Tahun lalu publik dunia terkejut ketika Muammar Gaddafi memperkenalkan mobil yang sengaja ia buat pada peringatan ulang tahun ke-30 revolusi Libya. Mobil berwarna putih dan hitam itu memiliki desain ala roket. Gaddafi bahkan memberi nama kedua mobil itu dengan sebutan The Saroukh el-Jamihiriya atau jika diterjemahkan menjadi Roket Libya. Tidak hanya desainnya yang mencuri perhatian, klaim Gaddafi terhadap mobil itu bahkan mencengangkan. Ia mengatakan mobil tersebut merupakan mobil teraman di dunia.

Menurut Gaddafi, mobil tersebut dilengkapi dengan bumper khusus anti-tabrakan di depan, tujuh air bags dan yang paling penting ada sistem pertahanan elektronik yang ada di dalam mobil tersebut.Bagaimana dengan mesinnya? Untuk kategori sedan, mobil ini cukup mumpuni karena dibekali dengan mesin V6 berkapasitas 3.000 cc. Dari mesin itu akan keluar kekuatan 230 daya kuda.Hebat bukan? Gaddafi tidak langsung terlibat dalam pembuatan mobil tersebut, tapi dia hanya merancang desain mobil tersebut, kemudian menunjuk perusahaan asal Turin, Italia, Tesco TS SpA, untuk mewujudkan mobil itu jadi kenyataan.

Menurut CEO Tesco TS SpA, Domenico Morali, mobil tersebut diciptakan sebagai bentuk keprihatinan Gaddafi akan tingginya tingkat kecelakaan kendaraan di Libya. Gaddafi berharap, dengan mobil tersebut,banyak warga Libya yang selamat dari kecelakaan fatal. Meski diajak bekerja sama, Morali mengatakan, banyak persyaratan khusus yang diminta oleh Gaddafi dalam proses pembuatan mobil. Salah satunya bahan-bahan yang akan dipakai untuk mobil tersebut harus menggunakan material yang ada di Libya. ”Gaddafi mengatakan kepada saya,mobil ini sengaja diberi nama roket karena ingin mengubah persepsi orang.

Banyak negara menggunakan roket untuk membunuh orang, namun Gaddafi menciptakan roket untuk menyelamatkan nyawa banyak orang,”ujar Morali. Meski niatnya luhur,biaya yang dikeluarkan untuk proses pembuatan mobil tersebut justru sangat mahal. BBC menyebutkan untuk pembuatan satu prototipe mobil tersebut saja, Libya harus mengeluarkan uang sebesar 2 juta euro. Jadi,untuk dua mobil yang dipajang beberapa waktu lalu itu,Libya telah mengeluarkan uang 4 juta euro. Besarnya biaya tersebut membuat banyak orang pesimistis mobil tersebut dapat dijual dengan harga yang murah di Libya. Kenyataannya hingga saat ini Roket Libya itu memang masih belum menjadi kenyataan. Namun, niat baik Gaddafi memang patut diacungi jempol.

Kategori:Automotive
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: