Beranda > LifeStyle > Ikon Baru Provinsi Lampung

Ikon Baru Provinsi Lampung

SALAH satu tempat wisata Lampung yang sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan penumpang kapal feri dari Pelabuhan Bakauheni adalah Menara Siger.Menara yang dijadikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai landmark mereka sejak dua tahun lalu.

Untuk mengukuhkan diri sebagai simbol utama Provinsi Lampung, Menara Siger pun dibangun dalam bentuk khas tradisional masyarakat Lampung, yaitu Mahkota Siger yang biasanya digunakan oleh wanita Lampung dalam upacara adat.Tidak hanya itu,menara ini juga memasukan ciri khas lain dari Lampung yaitu Paguk di bagian kiri dan kanan menara, yang melambangkan perahu. Di bagian puncak Menara Siger juga terpancang payung merah,kuning, dan putih.Ketiga payung tersebut dipilih karena selama ini sudah dijadikan sebagai simbol hierarki kebangsawanan masyarakat Lampung.

Hal istimewa lainnya yang dapat ditemukan di Menara Siger, yakni adanya sebuah tugu yang berada di depan menara ini. Karena seperti halnya di Pulau Sabang, yang terkenal dengan Titik Nol, di depan Menara Siger juga dibangun sebuah tugu yang merupakan titik nol dari Pulau Sumatera. Meski baru berumur dua tahun, Menara Siger saat ini sudah menjadi ikon Lampung.Karena ribuan orang yang ingin masuk atau keluar dari Lampung dan melalui Pelabuhan Bakauheni pasti akan melihat Menara Siger ini.

Rencananya, dalam beberapa tahun ke depan di sekitar kawasan Menara Siger ini akan dibangun kawasan wisata keluarga seperti beberapa resor dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang bertebaran di bagian selatan Pulau Sumatera. Selain itu, juga wisata petualang seperti Arena Gajah Kampung Tradisional. Salah satu orang dibalik kesuksesan dibangunnya Menara Siger yaitu Project Team Leader Anshori Djausal,mengatakan bahwa saat ini Menara Siger sudah menjadi tempat transit bagi masyarakat yang ingin keluar dari Lampung.

Dengan begitu, keberadaan Menara Siger semakin bisa diketahui oleh masyarakat lainnya, yang belum pernah mengunjungi Lampung. “Kami berharap mereka yang sudah datang ke Menara Siger bisa menyebarkan kepada masyarakat lainnya bahwa Lampung sudah memiliki ikon baru yang harus dikunjungi,”ujarnya.

Kategori:LifeStyle
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: