Beranda > News > Kuota Minimarket di Yogyakarta Sudah Penuh

Kuota Minimarket di Yogyakarta Sudah Penuh

Izin minimarket untuk Kota Yogyakarta sudah penuh.Saat ini di Kota Yogyakarta sudah ada 52 minimarket.Itu merupakan jumlah maksimal minimarket yang diperbolehkan sesuai Perwal No 89/2009.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Heru Pria Warjaka di kantornya kemarin mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) No 89/2009 tentang Pembatasan Minimarket, jumlah ideal minimarket di Kota Yogyakarta ialah 52 minimarket.Pembatasan ini dilakukan agar tidak menjatuhkan usaha masyarakat yang sejenis dengan minimarket.

“Pembatasan skala minimarket selama jejaring selama ini dilakukan karena merekalah yang selalu berbatasan langsung dengan kompetitor di tingkat pedagang masyarakat. Agar keberadaan minimarket tidak merugikan pedagang masyarakat,jumlah dan tempatnya dibatasi,”ujarnya. Pembatasan seperti itu memang hanya berlaku bagi usaha minimarket, sebagai bentuk pasar modern yang terkecil skalanya.

Pembatasan ini lebih ditekankan pada substansi minimarket dan pedagang masyarakat, di mana produk dan harga yang ditawarkan pada konsumen sama. Untuk pasar modern skala lain seperti supermarket memang belum ada pembatasan. “Di skala supermarket, konsumennya sudah berbeda dengan minimarket dan pedagang masyarakat. Selain itu, kebanyakan konsumen supermarket sekali berbelanja untuk memenuhi kebutuhan satu minggu ke atas.

Berbeda dengan mereka yang berbelanja di minimarket,”tandasnya. Heru mengungkapkan, skala supermarket saat ini masih dapat menjadi produk atau kawasan yang bisa dikembangkan tanpa harus dibatasi. Hingga 2010 ini jumlah supermarket yang ada di wilayah Kota Yogyakarta ada enam supermarket. “Di Supermarket ada aturan mainnya seperti apa yang harus dijual.

Supermarket berbeda dengan mal. Dan pembatasan minimarket ini pun merupakan peran Pemerintah Kota Yogyakarta dalam melihat perkembangan ketidakproporsionalan kegiatan usaha yang ada,”kata Heru. Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Sutarto menuturkan, kuota minimarket di Kota Yogyakarta yang berjumlah 52 minimarket, saat ini sudah terpenuhi.

Pihaknya tidak akan mengeluarkan lagi surat izin pembukaan minimarket di wilayah Kota Yogyakarta. “Meski jumlah seharusnya sudah terpenuhi, masih banyak saja yang datang pada saya untuk berkonsultasi ingin membuka minimarket.Dalam satu minggu ini saja, saya sudah didatangi tiga orang. Namun, kami menolak karena sudah berkomitmen akan melakukan perwal yang sudah ada,” ungkapnya.

Kategori:News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: