Beranda > News > Jaksa Penuntut Umum

Jaksa Penuntut Umum

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Sinjai disandera ratusan massa sekitar tujuh jam sejak pukul 15.00 Wita hingga 22.00 Wita, tadi malam. Penyanderaan itu terjadi seusai sidang perkara korupsi proyek Balai Benih Ikan (BBI) dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Sinjai.

Tim JPU yakni Kasi Pidana Umum (Pidum) Muhammad Zulkifli Said dan Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Muhlis, serta jaksa lainnya Rasyid, Wanto, dan Caesar. Kejadian bermula saat sidang yang diketuai M Darwis itu dihadiri ratusan massa yang merupakan kerabat dari salah satu terdakwa, sekitar pukul 11. 10 Wita. Namun, saat sidang akan berakhir sekitar pukul 15.00 Wita, massa mulai meneriaki tim JPU. Mereka menilai JPU tidak adil dalam melakukan penahanan terhadap Saiful Bahri.

Kemarahan warga dari Desa Aska Sinjai Selatan mulai memuncak ketika permintaan dari pengacara terdakwa, Alamsyah, yang mengajukan penangguhan penahanan dan belum mendapatkan jawaban. Massa mulai panas dan melampiaskan kekesalannya. Mereka pun memaksa masuk ke ruang persidangan untuk menemui JPU.Beruntung,polisi langsung mengevakuasi JPU ke ruang kerja Wakil Ketua PN Sinjai di lantai II. Namun massa, mengikuti dan berjaga-jaga di pintu masuk tersebut.

“Kami menilai ada keganjilan dalam penanahan Saiful Bahri dan terdawa lainnya, sehingga kami minta ditangguhkan,” tegas salah seorang keluarga Saiful Bahri, Ridwan. Sementara itu, Kapolres Sinjai AKBP Totok Triwibowo, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Steve, perwakilan massa, serta JPU dan pihak PN Sinjai menggelar pertemuan tertutup di ruang Ketua PN Sinjai.Sayangnya belum ada yang bersedia memberikan komentar terkait hasil kesepakatan tersebut, namun dari informasi yang dihimpun SINDO, salah satu kesepakatan yakni akan mempertimbangkan kembali penangguhan penahanan terdakwa.

Sementara itu, Kepala Detasemen (Kaden) C, Brimob Bone, Kompol Guntur,mengatakan bahwa pihaknya langsung menurunkan anggotanya sebanyak 80 personel ke Sinjai, tadi malam. Hal itu dilakukan untuk membantu Polres Sinjai dalam menenangkan situasi. “Hal ini berdasarkan permintaan dari Polres Sinjai, jadi mengenai jangka waktu kami di Sinjai, tergantung dari Polres Sinjai, yang tentunya dengan melihat situasi yang ada,” ungkap Guntur. Sekedar diketahui, sidang kasus dengan agenda pembacaan dakwaan tersebut, terkait kasus dugaan korupsi proyek Balai Benih Ikan (BBI) yang dikerjakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sinjai.

Kejaksaan Negeri Sinjai telah menetapkan empat orang tersangka masingmasing, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sinjai,Budiaman dan salah seorang anggota DPRD Sinjai Saiful Bahri yang juga sebagai konsultan proyek,kontraktor proyek juga Ronny Chandra, dan Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) DPK Sinjai, Sulesti. Keempatnya ditahan oleh Kejari Sinjai beberapa waktu lalu di Rutan Kelas II C Sinjai. Proyek tersebut menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2008. Berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), terdapat kerugian sekitar Rp207 juta dari anggaran Rp2 miliar. Hasil penyidikan, ditemukan pekerjaan fisik baru selesai 80%, tetapi yang dilaporkan sudah 100 %.

Karena laporan realisasi yang 100 % tersebut sehingga anggarannya dicairkan. Para tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat 1 (jo), pasal 18 ayat 1 sub (a) dan ( b) UU No. 31/ 1999 tentang tindak pidana korupsi, jo UU No. 20/ 2001 tentang perubahan atas UU No. 31/ 1999, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun, maksimal 20 tahun serta denda minimal 200 juta. Demikian dari Blog Info tentang Jaksa Penuntut Umum.

Kategori:News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: