Beranda > News > Sebanyak tiga anggota Batalyon

Sebanyak tiga anggota Batalyon

Sebanyak tiga anggota Batalyon 753 AVT/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih yang terbukti melanggar perintah atasan saat bertugas di Kampung Gurage, Kecamatan Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, disidang di Mahkamah Militer III-9 Jayapura, Kamis (13/1/2011).

Tiga anggota Kodam Cendrawasih itu terdiri atas seorang bintara dan dua tamtama, yakni Serda Irman Risqianto, Pratu Yakson Agu, dan Pratu Thamrin Mahanggiri.

Ketiga anggota TNI itu menjalani persidangan akibat diduga tidak menaati perintah atasan pada saat bertugas dengan terbukti terlibat dalam penganiayaan kepada warga setempat saat bertugas dalam operasi pengamanan daerah rawan di Puncak Jaya, Papua.

Sidang perdana di Mahkamah Militer III-Jayapura, Papua, itu mengagendakan pembacaan dakwaan.

Dalam sidang yang dipimpin Letkol CHK Adil Karokaro itu terungkap, ketiga anggota Batalyon 753 Nabire terbukti melanggar perintah atasan saat bertugas di Kampung Gurage, Kecamatan Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Para tersangka masing-masing dikenai Pasal 103 Ayat 1 juncto Ayat 3 ke-3 KHUPM, yaitu perbuatan tidak menaati perintah atasan, dengan ancaman 2 tahun 6 bulan penjara.

Ketika disinggung soal bukti penganiayaan yang dilakukan ketiga anggota itu, Mayor Soemantri BR, selaku oditur pada persidangan, menjelaskan, karena tidak adanya saksi korban, ketiganya tidak dikenai pasal penganiayaan.

“Dengan tidak adanya saksi korban, kami tidak bisa membuktikan kejadian itu. Secara formil kami harus membuktikan adanya luka atau bekas pembakaran itu lewat hasil visum. Mengenai barang bukti, kami hanya punya satu keping CD,” jelasnya.

Dengan tidak hadirnya para saksi, sidang akan kembali digelar pada Senin, 17 Januari dengan menghadirkan lima saksi.

Sidang yang awalnya dijadwalkan akan digelar pukul 10.00 Wita baru dilaksanakan pada pukul 13.00 Wita tanpa ada alasan yang pasti tentang pengunduran waktu sidang tersebut. Demikian catatan online Mesin Glundung tentang Sebanyak tiga anggota Batalyon.

Kategori:News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: