Beranda > Artikel > Gudang tempat penyimpanan bahan peledak

Gudang tempat penyimpanan bahan peledak

Gudang tempat penyimpanan bahan peledak di Markas Brimob Polda Sumbar ludes terbakar, Sabtu (5/3) sekitar pukul 15.00 WIB. Markas Brimob berada di daerah Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah.

“Kebakaran disertai ledakan menimpa bangunan gudang bahan peledak satuan korps Brimob Polda Sumbar yang berada di daerah Padang Sarai,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Budi Erwanto di Padang, Sabtu.

Menurut Budi, peristiwa kebakaran gudang tersebut diduga berasal dari pembakaran sampah yang persis berada di samping gudang bahan peledak. Angin kencang menyebabkan api mudah menjalar gudang bahan peledak yang berada di Markas Brimob Polda Sumbar. “Gudang yang terbakar tersebut merupakan tempat penyimpanan bahan peledak bekas perang dunia kedua,” katanya.

Dia menambahkan, saat gudang terbakar terdengar suara ledakan yang kuat. “Warga setempat yang mendengar suara ledakan berhamburan keluar rumah untuk mengetahui apa yang terjadi,” katanya.

Dia mengatakan, petugas pemadam kebakaran sangat hati-hati memadamkan api yang membakar gudang penyimpanan bahan peledak tersebut. “Petugas takut saat melakukan pemadaman api terjadi ledakan beberapa gudang yang saling berdekatan dan menyimpan bahan peledak aktif,” katanya.

Saat kebakaran, beberapa anggota Brimob Polda Sumbar cepat mengamankan bahan peledak yang masih tersimpan di beberapa gudang lainnya. “Anggota Brimob takut gudang yang lain terbakar, sementara bahan peledak masih aktif tersimpan di dalam makanya mereka cepat mengamankan bahan peledak aktif tersebut,” katanya.

Api dapat dipadamkan oleh dinas pemadam kebakaran sekitar satu jam setelah menurunkan lima unit mobil kebakaran ke lokasi kejadian. “Damkar Kota Padang juga menurunkan 15 personel,” kata Budi Erwanto.

Dia menambahkan, terbakarnya gudang tersebut sudah ditangani kepolisian, dan saat ini kepolisian masih menindaklanjuti penyebab terbakarnya gudang tersebut. “Peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, kerugian dari kebakaran tersebut saat ini belum bisa dipastikan,” kata Budi. Demikian catatan online Standardisasi tentang Gudang tempat penyimpanan bahan peledak.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: