Beranda > Artikel > Syahrul Yasin Limpo dan Ilham Arief Sirajuddin

Syahrul Yasin Limpo dan Ilham Arief Sirajuddin

Sebagai kalimat pembuka, terlebih dahulu saya akan memberikan ping dulu untuk keyword Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah. Persaingan dua bakal calon gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Ilham Arief Sirajuddin di Pemilihan Gubernur 2013 diperkirakan akan berlangsung ketat di Kota Makassar.  Berdasarkan hasil survei terbaru Jaringan Suara Indonesia (JSI), tingkat keterpilihan atau elektabilitas Syahrul dan Ilham hanya terpaut tipis di ibukota provinsi ini. Hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan survei JSI lima bulan lalu. Saat survei pertama, Ilham unggul sekitar 3% dengan tingkat elektabilitas sebanyak 36%.

Sedangkan Syahrul mengantongi dukungan 33%.Namun di sejumlah daerah lain di Sulsel , Syahrul disebut unggul telak. “Mengenai survei terbaru kami yang digelar September 2011, persentasenya tidak jauh berbeda. Tapi angka-angkanya belum bisa kami sampaikan,” ujar Direktur Strategi JSI Popon Lingga Geni,kemarin.

Meski tidak menampik bila Ilham unggul tipis terhadap Syahrul, namun JSI justru menganggap hal itu bukan hal yang luar biasa. Menurutnya, sebagai wali kota Makassar dua periode, Ilham seharusnya bisa unggul telak di Makassar. Apalagi, Makassar selama ini dikenal sebagai basis utama Ilham.

Jumlah pemilih Makassar paling banyak jika dibandingkan 23 kabupaten/kota lain di Sulsel. Dari total usulan jumlah pemilih di Pilgub Sulsel mendatang, yakni sekitar 7 juta, daftar pemilih di Makassar mencapai 1 juta. Di Pilgub Sulsel 2007, Syahrul yang maju berpasangan dengan Agus Arifin Nu’mang berhasil unggul di Makassar atas incumbent saat itu, Amin Syam.

Total perolehan suara Syahrul-Agus sekitar 218.641, sedangkan Amin yang berpasangan dengan Mansyur Ramly meraih 145.587 suara. Manajer Strategi Pemenangan Indonesia Timur JSI,Irfan Jaya, menambahkan, survei terbaru yang dilakukannya medio September, itu sematamata untuk mengukur kekuatan masing-masing bakal calon gubernur.

“Pertanyaan tentang pilgub itu hanya kita ikutkan saja dari survei utama kami tentang bakal calon wali kota jelang Pilkada Makassar,”tambah Irfan. Sekadar diketahui, jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, hanya Syahrul dan Ilham yang intens turun ke daerah menggalang dukungan warga.Tidak sedikit kalangan memprediksi pilgub yang akan digelar pada 22 Januari 2013 itu akan menjadi arena head to headSyahrul versus Ilham.

Syahrul Serahkan ke Survei

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang hampir dipastikan akan maju kembali melalui Partai Golkar menyerahkan penentuan calon pasangannya berdasarkan survei yang akan dilakukan DPP Partai Golkar. Syahrul mengaku, survei harus dijadikan acuan dalam mengambil keputusan.

Pasalnya, dari hasil survei bisa diketahui tingkat popularitas dan elektabilitas calon pasangannya. “Penentuannya kita serahkan melalui survei. Mengenai siapa orangnya, asalkan tidak korupsi.Tidak mesti juga penurut,” tandas Syahrul.

Selama ini, lima figur disebut- sebut sebagai calon pendamping Syahrul, yakni Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’- mang,Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel Andi Muallim, Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa, dan Ketua DPW PAN Ashabul Kahfi.

Nama Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, yang saat ini menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, sempat dikaitkan sebagai salah satu bakal calon pasangan Syahrul. Bahkan, sejumlah tokoh sudah memberikan pernyataan dukungan agar Syahrul-Ilham bisa berduet, termasuk dorongan dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Saat itu,Ilham membuka diri maju di posisi calon wakil gubernur mendampingi Syahrul. Hanya, dorongan ke Ilham untuk maju menjadi gubernur juga tidak sedikit,terutama dari pengurus dan kader Partai Demokrat. Mereka lebih menginginkan Ilham berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar.

Tak hanya itu, Ilham sudah gencar melakukan sosialisasi ke daerah sebagai calon gubernur, baik turun langsung ke lapangan, maupun melalui alat peraga, termasuk menyosialisasikan tagline “Semangat Baru”. Sebagai penutup, Standardisasi terlebih dahulu memberikan sundulan untuk Blogger Indonesia yang masih sangat lemah indexnya.

  1. September 29, 2011 pukul 9:54 am

    terima ksih untuk infonya🙂

  2. September 30, 2011 pukul 2:51 am

    Sama2 bos, makasih dah berkunjung…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: