Beranda > News > Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, naiknya peringkat utang Indonesia menjadi investment grade akan membawa pengaruh positif terhadap perusahaan dalam negeri. “Grade dari suatu negara akan berpengaruh kepada grade perusahaan terbaik di dalam negeri,” kata Darmin di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Jumat 16 Desember 2011.

Darmin menjelaskan, predikat investment grade akan mengubah persepsi pasar terhadap perekonomian Indonesia. Investor akan melihat Indonesia sebagai negara yang sudah bagus sebagai tujuan investasi. Dampaknya, saat menerbitkan surat utang, cukup memberi imbal hasil lebih kecil. Tentunya, ini akan menambah efisiensi dalam menerbitkan obligasi bagi negara maupun perusahaan.

Selain itu, Darmin mengatakan bahwa investment grade akan memberi implikasi bagi pemilik dana jangka panjang, karena investor akan datang ke Indonesia. Menurut Darmin, di negara maju seperti Amerika dan Jepang, dana jangka panjangnya dikelola oleh institusi dana pensiun. Namun, regulator di negara tersebut sulit mengizinkan dana pensiun berinvestasi di negara non investment grade.

“Dengan kita sudah meraih investment grade, terbuka kemungkinan pengelola dana jangka panjang menempatkan dana mereka,” katanya. Dengan demikian, Darmin menambahkan, sifat capital inflow akan berubah dari yang awalnya jangka pendek dan spekulatif menjadi jangka panjang. Tentunya, ini akan berdampak pada volatilitas rupiah yang jauh lebih bisa dikendalikan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: