Beranda > Artikel > Compete! And shape a new future

Compete! And shape a new future

Perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2013 yang mengusung tema “Compete! And shape a new future”, rupanya menjadi ajang tepat bagi Toyota untuk menampilkan kendaraan masa depan bergaya Personal Mobility Vehicle (PMV), yang diberi nama i-Road. Jika dilihat dari dekat, i-Road terlihat seperti sepeda motor bahkan lebih mirip bajaj modern. Dengan kaki-kaki yang jumlahnya hanya tiga roda, kendaraan ini sengaja dibuat untuk mempermudah pengendara saat berada di perkotaan terutama di jalanan macet.

Dilansir Worldcarfans, Kamis 21 November 2013, untuk dapat berjalan, i-Road menggendong motor listrik yang berasal dari baterai lithium-ion dengan penggerak bertenaga 2KW. i-Road dapat berlari dengan kecepatan maksimal 45 km/jam dan jangkauan jelajahnya bisa mencapai 48,2 km –setelah di-charging selama tiga jam.

Dengan bodi mungil, i-Road memiliki dimensi panjang 2.350 mm, tinggi 1.445 mm, lebar 850 mm, dan jarak sumbu roda 1.700 mm, serta berat kurang dari 300 kg. Pada bagian roda depan, i-Road menggunakan velg 16 inch dibalut ban 80/80, serta roda belakang menggunakan velg 10 inch dengan ban 130/170.

Agar lebih andal, kendaraan konsep ini dilengkapi dengan Active Lean System, sehingga secara otomatis dapat menjaga kestabilan saat melakukan manuver.

FV2 Concept

Selain i-Road, Toyota juga memamerkan kendaraan roda tiga satu penumpang lain, yakni FV2 Concept. Sesuai dengan namanya FV2 atau Fun Vehicle 2, kendaraan ini diklaim sebagai kendaraan yang menyenangkan (fun to drive) yang dapat digunakan di perkotaan. Tak ada setir kemudi di dalamnya. Untuk mengendalikannya kendaraan ini dapat mengubah arah laju dengan cara menggeserkan atau menggerakkan badan.

FV2 Concept dilengkapi teknologi mutakhir, karena dapat dikendalikan menggunakan suara. Kendaraan ini dianggap dapat mengerti kemauan mobil dan pengendaranya. Mobil ini juga diklaim dapat menentukan suasana hati pengemudi, sehingga dapat menyarankan pengendara ke mana harus pergi. FV2  Concept ini memiliki panjang 3.000 mm, lebar 1.600 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 2.360 mm. Untuk urusan mesin, Toyota belum memberikan informasi.

 

Baca juga: Terios 7 Wonders Sahabat Petualang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: