Beranda > Internet > Jaringan SIP(Session Initiation Protocol)

Jaringan SIP(Session Initiation Protocol)

SIP adalah peer-to-peer signaling protokol,dikembangkan oleh Internet Engineering TaskForce (IETF), yang mengijinkan endpoint-nyauntuk memulai dan mengakhiri session komunikasi. Protokol ini didefinisikan pada RFC2543 dan menyertakan elemen protokol lain yang dikembangkan IETF, mencakup Hypertext Transfer Protokol (HTTP) yang diuraikan pada RFC 2068,Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) yangdiuraikan pada RFC 2821, dan Session Description Protokol (SDP) yang diuraikan pada RFC 2327.

Arsitektur dari SIP terdiri dari dua komponen yaitu user agent dan servers. User agent merupakan endpoint dari sistem dan memuat dua sub sistem yaitu user agent client (UAC) yang membangkitkanrequests, dan user agent server (UAS) yangmerespon requests. SIP server adalah kesatuan fungsilogic, dimana tidak perlu memisahkan alat seca rafisik. Fungsi dari empat server tersebut yaitu :

  1. Proxy Server : merupakan host jaringan yang berperan sebagai server yang meroutingkan request ke tujuan dan juga membuat kebijakanseperti meyakinkan bahwa pemakai tertentu diijinkan untuk melakukan panggilan. Proxy harus bertindak sebagai server dan client, diaharus mengarahkan SIP request pada user agent server, dan mengarahkan SIP response pada user agent client.
  2. Redirect Server : merupakan server logika yangmengarahkan suatu klien pada perangkat pengganti dari Uniform Resource Indicators(URIs) untuk menyelesaikan tugas request.
  3. Registrar Server: menerima dan memprosespesan pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari suatu end point dapat diketahui keberadaannya.
  4. Location Server : menyediakan service untuk data base abstrak yangberfungsi mentranslasikan alamat dengan data  atau keterangan yang ada pada domain jaringan.

Format Messages pada SIP didefinisikandalam dua format :

  • request, dikirim dari client ke server, yang berisitentang operasi yang diminta oleh client tersebut.
  • responses, dikirim dari server ke client, yang berisiinformasi mengenai status dari apa yang dimintaoleh client.

Ada enam tipe dari request messages :

  1. INVITE : menunjukan bahwa user atau service mengundang untuk bergabung dalam session.
  2. ACK : mengkonfirmasi bahwa client telah menerima suatu final response
  3. OPTION : digunakan untuk query suatu server tentang kemampuan yang dimilikinya.
  4. BYE : dikirim oleh user agent client untuk mengakhiri session.
  5. CANCEL : digunakan untuk membatalkansuatu request.
  6. REGISTER : digunakan oleh client untuk mendaftarkan informasi kontak. Response messages berisi status kode dan keterangan tentang kondisi dari request tersebut.

Nilai-nilai dari kode status yang serupa dengan penggunaan pada HTTP, dibagi dalam enam katagori :

  1. 1xx: Provisional, request telah diterima dan sedang melanjutkan proses.
  2. 2xx: Success, tindakan dengan sukses diterima,dipahami dan disetujui.
  3. 3xx: Redirection, tindakan lebih lanjutdiperlukan untuk memproses permintaan ini.
  4. 4xx: Client Error, permintaan berisi sintak yang salah dan tidak bisa dikenali oleh server sehingga server tidak dapat memprosesnya.
  5. 5xx: Server Error, server gagal untuk memproses suatu permintaan yang sah.
  6. 6xx: Global Failure, permintaan tidak dapat dipenuhi oleh server manapun.

Protokol Yang Terlibat Dalam SIP
SIP menggabungkan beberapa macam protokol baik itu dari standar yang dikeluarkan oleh IETF sendiri maupun oleh ITU-T di antaranya:

Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau yang sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib. Dan perangkat yang sudah di sertifikasi tentunya sudah lulus pengujian di balai uji, sehingga mutu dan kualitasnya terjamin.

Bagi semua sahabat diblogger saya mohon dukungan dan do’a restunya karena saya sedang mengikuti contest yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina dengan keyword Kerja Keras Adalah Energi Kita, silahkan anda memberikan dukungan dengan cara memberikan komentar atau memberikan link pada artikel tulisan saya yang berjudul Kerja Keras Adalah Energi Kita, bagi yang sudah memberikan dukungan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Kategori:Internet Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar